Sabtu, 08 Oktober 2011

contoh karya tulis(PKL/PSG)


TATA CARA PELAKSANAAN
YANG BAIK TERHADAP PELANGGAN
DI PT. ALFA RETAILINDO.TBK
CARREFOUR BINTARO
BINTARO SEKTOR 9
TANGERANG SELATAN
http://htmlimg1.scribdassets.com/2e1cq35arkkb4cr/images/1-c276b3b625/000.jpg





                                                                                                                



DISUSUN OLEH
ADE RUSMANA
Yayasan Pendidikan Islam  Al – Sa’adah ( YASPIAS )
Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) BAHAGIA.
Jl. Perkomplekan Perkantoran Kelurahan Pondok Jaya
Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan 15224
Telp. ( 021 ) 7326584




TATA CARA PELAKSANAAN
YANG BAIK TERHADAP PELANGGAN
DI PT. ALFA RETAILINDO.TBK
CARREFOUR BINTARO
BINTARO SEKTOR 9
TANGERANG SELATAN
 Laporan
Diajukan Kepada Kepala Sekolah Menengah Kejuruan  ( SMK ) BAHAGIA
Sebagai Salah Satu Syarat untuk Mengikuti Ujian Akhir Nasional ( UN ) dan ujian Akhir sekolah ( US )

Disusun oleh
ADE RUSMANA
NIS 091010061

Bimbingan Teknis  Bimbingan Materi
(                      )    (                            )


Jurusan Administrasi Perkantoran
Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) BAHAGIA
Tahun 2011 / 2012






Pengesahan Panitia
       Karya tulis yang bejudul “ TATA CARA PELAKSANAAN BAIK TERHADAP PELANGGAN “  telah diajukan dalam bidang uji kopetensi SMK BAHAGIA pada tangggal                            Karya tulis telah  diterima sebagai salah satu syarat mengikuti ujian Akhir Nasional ( UN ) dan Ujian Akhir Sekolah ( US )
 Panitia Penguji

Penguji I     Penguji II

(        )    (           )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK BAHAGIA


(  DRS. H.HASANUDIN ,mm )












MOTTO
1.      Ilmu yang tidak diamalkan bagai pohon tua yang tidak berbuah.
2.      Jasa seorang Guru tidak dapat dibayar dengan uang.
3.      Bahasa yang paling mudah dan baik adalah senyum.
4.      Belajarlah dari kegagalan karena kegagalan adalah guru yang terbaik.
5.      Harta yang paling menguntungkan adalah sabar.






































KATA PENGANTAR
           Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat dan hidayahNYA.penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini dengan judul  “ TATA CARA PELAKSANAAN BAIK TERHADAP PELANGGAN “
Adapun lapoaran ini merupakan rangkuman yang penulis peroleh dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dimulai dari 14 Maret sampai dengan 30 April 2011. Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan Ujian Akhir Sekolah ( US ) dan Ujian Akhir Nasional  ( UN ) tahun ajaran 201 pada sekolah menengah kejuruan ( SMK ) BAHAGIA. Laporan ini disusun berdasarkan data – data yang diperoleh dari Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dan laporan ini juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang kemudian dilajutkan dalam kegiatan selanjutnya.
Oleh karena itu dengan tersusunnya laporan ini penulis mengucapkan terima kasih  yang sebesar – besarnya kepada kepada semua pihak yang telah membimbing kami sehingga  sehingga menjadi Karya tulis ini Khususnya, kepada :

1.      Drs. Hasanudin, MM , Selaku kepala sekolah SMK Bahagia.
2.      Ibu Armi Seprina , Selaku guru Pembimbing materi.
3.      Bapak Lasmana , Selaku  Kepala Personalia PT. CARREFOUR.TBK.
4.      Orang tua Selaku pendorong moril maupun materilyang sangat besar.
5.      Ibu Eka, Selaku Wali Kelas.
6.      Semua karyawan  CARREFOUR.TBK, bintaro yang telah membantu penulisan dalam laporan ini.






Tangerang selatan ,     2011



Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN
LEMBAR PENGESAHAN
MOTTO          ...........................................................................................................             i
KATA PENGANTAR           ...................................................................................             ii
DAFTAR ISI              ...............................................................................................             iii
BAB I     PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
1.2. Alasan Pemilihan judul
1.3. Tujuan Penulisan
1.4. Metode Pengumpulan Data
1.5. Sistematika Penulisan  
BAB II    INJAUAN UMUM
                            2.1. Biografi Perusahaan
                2.2. Struktur Organisasi
BAB III  TINJAUAN KHUSUS
                 3.1. Kegiatan
                 3.2  Pentingnya Pelanggan
                 3.3. Tujuan Pelayanan
                 3.4.  Hakekat Pelayanan
                 3.5.  Etika Pelayanan
BAB IV   PENUTUP
                4.1. Kesimpulan
                4.2  Saran – Saran
Daftar Riwayat Hiodup.
           
 BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar  Belakang
   Berdasarkan kurikulum SMK yang telah disempurnakan , bahwa siswa –siswi Sekoah Menengah  Kejuruan  ( SMK ) harus mengikuti Praktek kerja Lapangan (PKL) sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan ujian akhir semester. ( UAS / UAS ).
   Peraktek kerja lapangan mempunyai nilai positif bagi siswa – siswi SMK danseterusnya  para siswa dapat mempraktekan ilmu yang diperoleh dari Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ).

1.2.Alasan Pemilihan Judul
 Sebagaimana telah ditentukan oleh siswa – siswi SMK Bahagia terdahulu yang sesuai dengan ajaran dan jurusan masing – masing  maka sesuai jurusan Penulis ambil yaitu : Kesekertarisan maka penulis memberi judul : Laporan ini “ Pelayanan Yang Baik Terhadap Pelanggan “ adapun alasan penulis memilih judul ini karena :
1.    Penulis ingin mengetahui banyak tentang pelayanan yang baik terhadap pelanggan.
2.    Untuk menambah wawasan penulis.
3.    Penulis ingin mengetahui bahwa peranan pelanggan adalah sangat penting dalam kemajuan suatu perusahaan.

1.3.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Laporan ini adalah :
1.Memberikan cara yang  jelas kepada para siswa – siswi mengenai pelaksanaan dan        penyusunan karya tulis ini.
2. agar ada unsur keseragaman antara penulis baik teknis maupun pisik.
3. Agar  Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) berjalan dengan lancar  lancar

1.4. Metode Pengumpulan Data
 Didalam melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang penulis laksanakan pada tanggal 14  maret 2011 sampai dengan tanggal 30 April  2011di PT. CARREFOUR TBk bintaro
 Penulis mengumpulkan data – data untuk membuat laporan ini menjadi objektif, metode –metode yang penulis pergunakan dalam penyusunan data – data yang obyektif dalam laporan ini  adalah sebagai berikut :
1. Metode Observasi.
      Dalam  metode ini penulis tellah melakukan peninjauan langsung  ke PT. CARREFOUR bintaro, bagaimana cara  menggandakan data tentang kegiatandiperusahan tersebut.
2. Metode Interview
        Metode ini penulis mengadakan wawancara atau tanya jawab langsung dengan   pembimbing materi yang bertugas dibidang itu dan juga mengajuan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan data – data yang penulis bahas dalam laporan ini.
1.5.Sistematika Penulisan
Sistemtika penulisan ini terdiri dari 4 ( empat ) Bab ang masing masing Bab dibagi menjadi Sub – Sub Bab yang meliputi :
       BAB I   PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
1.2. Alasan Pemilihan judul
1.3. Tujuan Penulisan
1.4. Metode Pengumpulan Data
1.5. Sistematika Penulisan  
       BAB II   T INJAUAN UMUM
                 2.1. Biografi Perusahaan
                            2.2. Struktur Organisasi
       BAB III  TINJAUAN KHUSUS
                 3.1. Kegiatan
                 3.2  Pentingnya Pelanggan
                 3.3. Tujuan Pelayanan
                 3.4.  Hakekat Pelayanan
                 3.5.  Etika Pelayanan
       BAB IV   PENUTUP
                4.1. Kesimpulan
                4.2  Saran – Saran

     





BAB II
TINJAUAN UMUM
2.1.  Biografi Perusahaan
    PT. AlFA Retailindo didririkan dijakarta pada tanggal 27 Agustus 1989,bergerakdibidang usaha perdagangan eceran dan grosir dengan mengoperasikan gerai swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan – sehari – hari , perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik  serta gerai yang melayani pembelian secara grosir.
        Antara tahun 1989 sampai 1994 kegitan usaha dibagi menjadi 2 divisi swalayan   yaitu divisi yang melayani ppenjualan eceran dan divisi grosir . Pada tahun 1994 PT. AlFA Retailindo membentuk satu divisi baru yaitu divisi distribusi, namun pada tahun 1996 , divisi distribusi memisahkan diri dan membentuk perusahaan terpisah , PT. Astri Distribusindo.
       Operasional kator pusat    PT. ALFA Retailindo terletak di Jl. MH. Thamrin  no.9 , Cikokol Tangerang . PT. ALFA Retailindojuga memiliki anak perusahaan yaitu : PT. Beta Setia Mega . PT. Beta Setia Mega merupakan salah satu distributor eksklusif untuk produk – produk Unilever disebagian wilayah Jakarta dengan dua unit keja di Sunter,Jakarta Utara dan Palmerah Jakarta Selatan. Kantor pusat PT. ALFA Retailindo terletak dijakarta dengan kantor -  kantor cabang yang tersebar kota –kota di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi, untuk endukung kesuksesan dalam berbisnis sejak 18 Januari 2000 PT. ALFA Retailindo telah mencatat dan memperdagangkan sahamya di PT BursaEfek Jakarta.
1.      Satisfaction Guarantee ( jaminan kepuasan pelanggan ) untuk retur barang , kebijak sanaan perusahaan untuk menerima pengembalian /retur barang belanjaan pelangggan jika tidak sesuai dengan harapan  pelanggan. Dengan ketentuan sebagai berikut :
Ø  Harus menunjukan struk/aktur penjualan Alfa.

o  Masa klaim berlaku maksimal 9 hari setelah pembelanjaan di Alfa ( untuk produk fresh food maksimal 3 haari )
o  Jika barang pengganti tidak tersedia , dapat diganti dengan barang lain sesuai dengan prosedur retur barang.
o  Berlaku untuk pembeli
o   Barang yang dibeli tidak sesuai dengan barang yang ditawarkan.
o   Barang yang dibeli tidak sesuai dengan klarifikasi standart.
o   Barang yang dibeli tidak sesuai pada harga yang tercantum pada railcard.
o   Barang yang dikembalikan haruslah dalam kemasan utuh lengkap/tidak rusak.

2.      Realibility ( dapat dipercaya ) kebijaksanaan perusahaan bahwa pelanggan membayar dengan harga termurah jika terjadi harga selisih dikomputer dengan harga di rak atau sarana display lainnya.selain mendapat harga termurah apabila menemukan perbedaan tersebut diatas,maka pelanggan juga berhak atas nilai sebesar 2x selisih perbedaan tersebut.
2.2.   STRUKTUR ORGANISASI.

K.a. Toko
 
STRUKTUR ORGANISASI
                   
 











                                                                                                  

Ø Kepala Toko
            Tugas dan Tanggung Jawab.
1.    Mengatur barang – barang dagangan.
2.    Mengadakan kegiatan Marketing dan promosi.
3.    Melaksanakan, mengawasi dan mengarahkan kegiatan operasional toko dengan mengkoordinasikan dengan semua bagian yang ada dibawahnya.
4.    Mengembalikan barang – barang dagangan , konsinasi yang telah rusak ( BS ) atau barang – barang  CN kepada Suplayer yang sudah ditanda tangani oleh kepala gudang dan mendatangi fakturnya.
5.    Menanda tangani surat SPG / SPM.

Ø ME dan Teknisi
Tugas dan Tanggung Jawab
Memelihara dan memperbaiki mesin – mesin Operasional toko ataupun alat elektronik yang ada ditoko.
1.      Apabila ada kerusakan dengan alat – alat tersebut dan harus diperbaiki oleh pihak luar maka harus da persetujuan dengan kepala toko.
2.      Memeriksa kondisi suhhu alat – alat toko dalam hal ini showeare , chiverpower dua jam dalam jangka waktu operasional toko.

1.      Personalia dan Umum
Tugas dan Tanggung Jawabn
1.      Menyediakan dan mengstur tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.
2.      Mencatat kehadiran dan lembur karyawan.
3.      Menghitung upah dan gaji karyawan.
4.      Mengevaluasi kerja karyawan baik secara langsung ataupun tidak  langsung berdasarkan laporan supervisor atau kepala divisi lain.
5.      Memberikan data personalia kepada kepala toko tentang kondisi karyawan yang ada.
6.      Melakukan kegiatan umum baik bersikap intern ataupun ekstern yang telah dikoordinasikan dengan kepala toko.

1.1. Pengawas
Tugas dan Tanggung Jawab.
1. Mengawasi kegiatan yang ada dalam frenhme , bagian cash standar dan counter.
2. Membantu menyelesaikan complain apabila ada dan terjadi.
1.2.Piket
Tugas dan Tanggung Jawab
1.      Menjaga keamanan dan ketertiban kegiatan Operasional toko.
2.      Menjaga aset toko.
3.      Memeriksa ( ceek body ) karyawan keluar masuk toko.

1.3.Sopir
Tugas dan Tanggung Jawab
1. merawat dan mengendarai kendaraan operasional perusahan.
2. bertanggung jawab distribusi barang – barang toko.  
1.4.Kliner
Tugas dan Tanggung Jawab
Menjaga keseluruhan areal toko termasuk merapikan kardus kardus – kardus sisa pembelian dari suplayer.
2.      Ka. Gudang
Tugas dan Tanggung Jawab
1.      Memeriksa dan mengawasi serta mengarahkan kegiatan receiving.
2.      Menanda tangani faktur – faktur  pengiriman  barang  berdasarkan  Purchasing  Order    ( PO )  dari perusahaan.

2.1.  Receiving
Tugas dan Tanggung Jawab
1.      Memeriksa barang – barang dari suplayer berdasarkan quality dan quantity dengan faktur penerimaan barang dan menanda tanganinya.
2.      Mengembal;ikan barang – barang dagangan , kondisi yang telah rusak ( BS ) atau barang – barang CN kepada suplaier  yang sudah ditanda tangani oleh kepala gudang
.
2.2     Storeman
Tugas dan Tanggung Jawab
        Stroreman atau karyawan bagian gudang yang tugasnya membongkar dan memuat serta menyusun barang tersebut dengan rapih dan beruntun sesuai priode kedatangan barang dengan memperhatikan sistem FIFO agar barang dalam kondisi baik dan layak dijual.
3. Supervisor
       Tugas dan Tanggung Jawab
1.      Melakukan kegiatan stok barang dagangan sesuai dengan divisi masing – masing , divisi itu antara lain :
a.       Divisi Food atau yang berkaitan dengan produk makanan
b.      Divisi Non food atau yang tidak berkaitan dengan produk makanan
c.       Divisi Bucther atau yang berkaitan dengan daging dan ikan
d.      Divisi Hard Line atau yang berkaitan dengan alat rumah tanggga.
e.       Divisi Counter atau yang berkaitan dengan barang – barang elektronik dan elektrik
f.       Divisi Fresh and Vegetables atau yang berkaitan dengan buah – buahan dan sayuran.

Masing – masing supervisor tersebut harus memberi laporan tentang produk yang mereka tangani kepada kepala toko sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan kepala toko untuk mengorder kepada suplaier:

2.      Mengkoordinasi kegiatan pemajangan ,pemeriksaan kondisi barang dagangan apakah masih layak dijual atau pun tidak.
3.      Mengkoordinasikan kegiatan kondisi barang dagangan baik dari kebersihan, kenyamanan dan estetika pajangan.
4.      Mengatur dan membuat jadwal  dan tugas karyawan dibawah koordinasinya.
5.      Menanda tangani laporan barang dagangan yang diminta SPG/SPM dari perusahaan lain yang bertugas di Carrefour  bintaro.

3.1. Ka. Bagian
Tugas dan Tanggung Jawab
1.    Memeriksa kondisi barang dagangan apakah layak jual atau pun tidak.
2.      Memberikan laporan kepada supervisor atas kondisi barang yangberupa data yang ada , baik layak dijual: barang kosong ,pemenuhan atau internal barang untuk promosi
3.      Melaksanakan kegiatan ,kebersihan estetika dan kenyamanan

3.2.  Pramuniaga
  Tugas dan Tanggung Jawab.
1.      Mengisi barang – barang dagangan yang kosong.
2.      Barang baru ( produk baru)
3.      Menjaga kebersihan area kerja, kebersihan dan kerapian barang serta estetika pajangan.
4.  EDP
 Tugas dan Tanggung Jawab
1.  Mengawasi dan melakukan kegiatan Elektronik Data Processing yaitu memalsukan atau mengimput data barang – barangbaru dan perubahan harga..
2.  Memasukan data jadwal promosi berkaitan dengan barang yang dijual.  
3.  Memasuk data barang – barang yang yang di CN , barang yang dibuang ( PBR )
4.  Merapikan , mengidek ulang data yang dikomputer.
5.  Merapikan data yang ada kepada Ka Toko sesuai dengan yang diminta.
6.  Mengawasi Operasional , cash regester  yang digunakan oleh petugas cashstandar.
   Adm EPD
   Tugas dan Tanggung Jawab
Mengimput sesuai data faktur..
  
   Keuangan
   Tugas dan Tanggung Jawab

1.      Mencatat seluruh penerimaan , pendapatan dan pengeluaran Operasional tiap hari.
2.      Mengawasi kegiatan Ka. Cashstandar.

    Ka. Chasstandar
    Tugas dan Tanggung Jawab.
1.      Mengawasi dan mengarahkan Petugas Chasstander , dalam hal modal kerja untuk mencocokan dengan data cash Register yang digunakan  Petugas Cashstandar.
2.      Mengawasi dan mengarahkan petugas Cashstander dalam melayani custamer.
3.      Mengatur jadwal tugas Cashstander.

Cashstander
    Tugas dan Tanggung Jawab
1.      Melakukan kegiatan p[elayanan atau transaksi pembayaran baranng belanjaan milik custamer yang belanja.
2.      Menjaga ketertiban dan menjalankan tugas sebaik – baiknya.








































BAB III

TINJAUAN KHUSUSNYA


3.I. Waktu Kegiatan

1.      Jadwal Kegiatan

ü  Jadwal Pagi
Dimulai dari puku 07 .00 WIB s / d 13.00 WIB dengan istirahat 1 ( satu ) jam
ü  Jadwal Siang
Dimulai dari puku 12 .00 WIB s / d 18.00 WIB dengan istirahat 1 ( satu ) jam


2.      Bidang  kegiatan
ü  Packing
Saat konsumen melakukan pembayaran atau transaksi kepada kasir ada yang bertugas sebagai penempatan barang yang dibeli konsumen biasanya menggunakan kantong plastik.

ü  Metode produk
Barang atau produk home industri biasanya belum memiliki kode u dengan pelebelan harga suatu barang dapat diketahui oleh konsumen.

ü  Display
Brang yang ada digudang perlu dipajang , selain dipajang barang atau produk perlu ditata dengan baik sesuai kelompok dan jenisnya, agar karyawan yang ingin mengambil stok stok barang yang ingin dipajang dapat menemukan barang yang dicari.

ü  Banded
Barang yang diberikan pada suplaier Pt. Untuk diberikan pada custamer yang membeli barang yang sedang promo.

ü  Internal
Menurunkan barang dari area gudang ke floor untuk display

ü  FIFO
Barang yang pertama masuk barang itulah yang pertama dikeluarkan

ü  LIFO
Barang yang terakhir masuk , barang itulah yang pertama dikeluarkan


3.2.  Pentingnya Pelanggan
           
Pelanggan adalah seseorang raja yang harus dihormati dan dipenuhi segala kebutuhannya , setiap pelanggan harus mendapat pelayanan yang baik. Sebaik – baiknya pelayanan adalah kebebasan untuk memilih mempertimbangkan bagi pelanggan sehingga mereka merasa puas dan senang.
3.3. Tujuan Dari Pelayanan
              Adapun ada beberapa hal pokok yang merupakan tujuan – tujuan pelayanan  yaitu, sebagai berikut :
1.      Untuk tetap mempertahankan atau menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.
2.      Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya.
3.      Untuk menimbulkan kepuasan atau kepercayaan bagi pelanggan.

3.4. Hakekat Pelayanan
Pelayanan pada hakekatnya adalah sebagai berikut :
1.      Faktor kunci keberhasilan suatu usaha.
2.      Pelayanan yang ditujukan kepada calon pembeli dan kepada pelanggan tetap.
3.      Apa yang kita peroleh hari ini akan menunjang pada masa depan  yang sangat dibutuhkan oleh semua anggotaperusahaan.

       Untuk tercapainya keberhasilan tersebut anggota perusahaan tanpa terkecuali harus terlibat didalamnya. Pelayanan terbaik pada semua orang dengan prilaku dan sikap yang baik.
3.5. Etika Pelayanan
             Setiap pelayanan harus melayani pelangan dengan sebaik – baiknya agar pelanggan merasa nyaman untuk berkunjung diperusahaan tersebut. Untuk memperhatikan pelayanan terbaik pada pelanggan ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilaksanakan adalah :
1.      Memberikan pelayanan yang seabik – baiknya.
2.      Bebicara sopan dan ramah tamah kepada pelanggan tetap.
3.      Mengetahui maksud dan tujuan pelangggan.
4.      Memberikan perhatian besar kepada para pelanggan agar pelanggan merasa senang.

3.6. Pengertian Pelanggan
Pelanggan dapat dirumuskan sebagai berikut: memberikan pelayanan sebaik – baiknya.
1.      Pembeli yang harus dihormati.
2.      Orang yang sangat penting dalam kegiatan bisnis.
3.      Orang yang harus dilayani sebaik – baiknya.






 BAB IV


4.1. kesimpulan
 Dengan telah selesainya karya tulis ini, penulis mencoba mengambil kesimpulan secara singkat, yaitu :
1.      Pada hakekatnya pekerjaan dibidang food sudah berjalan dengan baik, tertib dan teratur.
2.      Penanganan pelayanan yang baik sangat bergantung pada sistem pelayanan dan pada proses penanganan yang baik pula.
3.      Dalam penanganan kegiatan penulis mendapat ilmu yang bermanfaat.

4.2. Saran – Saran
            Dalam rangka kelancaran pelayanan perlu pembenahan agar dalam pelaksanaannya dapat berlangsung lebih tertib dan lancar .
1.      Meningkatnya pemberdayaan tenaga kerja ataun karyawan yang ada.
2.      Meningkatkan dan lebih mengefektifkan pemberdayaan sarana dan prasarana kantor.                    
















DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                       :  Ade Rusmana
Nis                                           :  091010061
Kelas                                       :   XI AP
Jenis Kelamin                          :  Perempuan
Tempat Tanggal Lahir             :  Tangerang, 10 Agustus 1993
Kewarganegaraan                   :  Indonesia
Agama                                     :  Islam
Alamat                                                :  Jl. Masjid Jami Nurul Fajri Rt.002/03 No. 44 Pondok Jaya
                                                   Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan.

Pendidikan                              :  a. Ijazah SDN Pondok Aren IV 2005 / 2006
                                                   b. Ijazah Mts. Al – Sa’adah 2008 / 2009
                                                   c . Ijazah SMK Bahagia  sedang ditempuh.


Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat , dengan sebenar – benarnya.


                                                                            Tangerang ,        ,        , 2011



                                                                                       Penulis
                                                   










Tidak ada komentar: