TATA
CARA PELAKSANAAN
YANG
BAIK TERHADAP PELANGGAN
DI
PT. ALFA RETAILINDO.TBK
CARREFOUR
BINTARO
BINTARO
SEKTOR 9
TANGERANG
SELATAN
DISUSUN
OLEH
ADE
RUSMANA
Yayasan
Pendidikan Islam Al – Sa’adah ( YASPIAS
)
Sekolah
Menengah Kejuruan ( SMK ) BAHAGIA.
Jl.
Perkomplekan Perkantoran Kelurahan Pondok Jaya
Kecamatan
Pondok Aren Kota Tangerang Selatan 15224
Telp.
( 021 ) 7326584
TATA CARA PELAKSANAAN
YANG BAIK TERHADAP PELANGGAN
DI PT. ALFA RETAILINDO.TBK
CARREFOUR BINTARO
BINTARO SEKTOR 9
TANGERANG SELATAN
Laporan
Diajukan Kepada Kepala
Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )
BAHAGIA
Sebagai Salah Satu
Syarat untuk Mengikuti Ujian Akhir Nasional ( UN ) dan ujian Akhir sekolah ( US
)
Disusun oleh
ADE RUSMANA
NIS 091010061
Bimbingan Teknis Bimbingan Materi
( ) ( )
Jurusan Administrasi
Perkantoran
Sekolah Menengah
Kejuruan ( SMK ) BAHAGIA
Tahun 2011 / 2012
Pengesahan Panitia
Karya tulis yang bejudul “ TATA CARA
PELAKSANAAN BAIK TERHADAP PELANGGAN “
telah diajukan dalam bidang uji kopetensi SMK BAHAGIA pada tangggal Karya tulis telah diterima sebagai salah satu syarat mengikuti
ujian Akhir Nasional ( UN ) dan Ujian Akhir Sekolah ( US )
Panitia Penguji
Penguji
I Penguji II
( )
( )
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMK BAHAGIA
( DRS. H.HASANUDIN ,mm )
MOTTO
1.
Ilmu yang tidak diamalkan bagai pohon
tua yang tidak berbuah.
2.
Jasa seorang Guru tidak dapat dibayar
dengan uang.
3.
Bahasa yang paling mudah dan baik adalah
senyum.
4.
Belajarlah dari kegagalan karena
kegagalan adalah guru yang terbaik.
5.
Harta yang paling menguntungkan adalah
sabar.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT
karena atas rahmat dan hidayahNYA.penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek
Kerja Lapangan ini dengan judul “ TATA
CARA PELAKSANAAN BAIK TERHADAP PELANGGAN “
Adapun lapoaran ini merupakan rangkuman yang penulis
peroleh dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dimulai dari 14 Maret
sampai dengan 30 April 2011. Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu
persyaratan Ujian Akhir Sekolah ( US ) dan Ujian Akhir Nasional ( UN ) tahun ajaran 201 pada sekolah menengah
kejuruan ( SMK ) BAHAGIA. Laporan ini disusun berdasarkan data – data yang
diperoleh dari Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dan laporan ini juga untuk
menambah pengetahuan dan pengalaman yang kemudian dilajutkan dalam kegiatan
selanjutnya.
Oleh karena itu dengan tersusunnya laporan ini
penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar – besarnya kepada kepada semua pihak yang telah membimbing kami
sehingga sehingga menjadi Karya tulis
ini Khususnya, kepada :
1.
Drs. Hasanudin, MM , Selaku kepala
sekolah SMK Bahagia.
2.
Ibu Armi Seprina , Selaku guru
Pembimbing materi.
3.
Bapak Lasmana , Selaku Kepala Personalia PT. CARREFOUR.TBK.
4.
Orang tua Selaku pendorong moril maupun
materilyang sangat besar.
5.
Ibu Eka, Selaku Wali Kelas.
6.
Semua karyawan CARREFOUR.TBK, bintaro yang telah membantu
penulisan dalam laporan ini.
Tangerang selatan
, 2011
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN
LEMBAR PENGESAHAN
MOTTO ........................................................................................................... i
KATA PENGANTAR ................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................... iii
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar belakang
1.2.
Alasan Pemilihan judul
1.3.
Tujuan Penulisan
1.4.
Metode Pengumpulan Data
1.5.
Sistematika Penulisan
BAB II INJAUAN UMUM
2.1. Biografi Perusahaan
2.2. Struktur
Organisasi
BAB III TINJAUAN KHUSUS
3.1. Kegiatan
3.2 Pentingnya Pelanggan
3.3. Tujuan Pelayanan
3.4. Hakekat Pelayanan
3.5. Etika Pelayanan
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2 Saran – Saran
Daftar Riwayat
Hiodup.
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Berdasarkan kurikulum SMK yang telah
disempurnakan , bahwa siswa –siswi Sekoah Menengah Kejuruan
( SMK ) harus mengikuti Praktek kerja Lapangan (PKL) sebagai persyaratan
untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan ujian akhir semester. ( UAS / UAS ).
Peraktek kerja lapangan mempunyai nilai
positif bagi siswa – siswi SMK danseterusnya
para siswa dapat mempraktekan ilmu yang diperoleh dari Sekolah Menengah
Kejuruan ( SMK ).
1.2.Alasan
Pemilihan Judul
Sebagaimana telah ditentukan oleh siswa –
siswi SMK Bahagia terdahulu yang sesuai dengan ajaran dan jurusan masing –
masing maka sesuai jurusan Penulis ambil
yaitu : Kesekertarisan maka penulis memberi judul : Laporan ini “ Pelayanan Yang
Baik Terhadap Pelanggan “ adapun alasan penulis memilih judul ini karena :
1.
Penulis ingin mengetahui banyak tentang
pelayanan yang baik terhadap pelanggan.
2.
Untuk menambah wawasan penulis.
3.
Penulis ingin mengetahui bahwa peranan
pelanggan adalah sangat penting dalam kemajuan suatu perusahaan.
1.3.Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Laporan ini
adalah :
1.Memberikan cara
yang jelas kepada para siswa – siswi
mengenai pelaksanaan dan penyusunan karya tulis ini.
2. agar ada unsur
keseragaman antara penulis baik teknis maupun pisik.
3. Agar Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) berjalan
dengan lancar lancar
1.4.
Metode Pengumpulan Data
Didalam melakukan Praktek Kerja Lapangan ( PKL
) yang penulis laksanakan pada tanggal 14
maret 2011 sampai dengan tanggal 30 April 2011di PT. CARREFOUR TBk bintaro
Penulis mengumpulkan data – data untuk membuat
laporan ini menjadi objektif, metode –metode yang penulis pergunakan dalam
penyusunan data – data yang obyektif dalam laporan ini adalah sebagai berikut :
1. Metode Observasi.
Dalam metode ini penulis tellah melakukan peninjauan
langsung ke PT. CARREFOUR bintaro,
bagaimana cara menggandakan data tentang
kegiatandiperusahan tersebut.
2. Metode Interview
Metode
ini penulis mengadakan wawancara atau tanya jawab langsung dengan pembimbing materi yang bertugas dibidang itu
dan juga mengajuan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan data – data yang
penulis bahas dalam laporan ini.
1.5.Sistematika
Penulisan
Sistemtika penulisan ini terdiri dari 4 ( empat )
Bab ang masing masing Bab dibagi menjadi Sub – Sub Bab yang meliputi :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar belakang
1.2.
Alasan Pemilihan judul
1.3.
Tujuan Penulisan
1.4.
Metode Pengumpulan Data
1.5.
Sistematika Penulisan
BAB II
T INJAUAN UMUM
2.1. Biografi Perusahaan
2.2. Struktur Organisasi
BAB III
TINJAUAN KHUSUS
3.1. Kegiatan
3.2 Pentingnya Pelanggan
3.3. Tujuan Pelayanan
3.4. Hakekat Pelayanan
3.5. Etika Pelayanan
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2 Saran – Saran
BAB II
TINJAUAN UMUM
2.1. Biografi Perusahaan
PT. AlFA
Retailindo didririkan dijakarta pada tanggal 27 Agustus 1989,bergerakdibidang
usaha perdagangan eceran dan grosir dengan mengoperasikan gerai swalayan yang
menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan – sehari – hari , perlengkapan
rumah tangga, termasuk elektronik serta
gerai yang melayani pembelian secara grosir.
Antara
tahun 1989 sampai 1994 kegitan usaha dibagi menjadi 2 divisi swalayan yaitu divisi yang melayani ppenjualan eceran
dan divisi grosir . Pada tahun 1994 PT. AlFA Retailindo membentuk satu divisi
baru yaitu divisi distribusi, namun pada tahun 1996 , divisi distribusi
memisahkan diri dan membentuk perusahaan terpisah , PT. Astri Distribusindo.
Operasional
kator pusat PT. ALFA Retailindo
terletak di Jl. MH. Thamrin no.9 ,
Cikokol Tangerang . PT. ALFA Retailindojuga memiliki anak perusahaan yaitu :
PT. Beta Setia Mega . PT. Beta Setia Mega merupakan salah satu distributor
eksklusif untuk produk – produk Unilever disebagian wilayah Jakarta dengan dua
unit keja di Sunter,Jakarta Utara dan Palmerah Jakarta Selatan. Kantor pusat
PT. ALFA Retailindo terletak dijakarta dengan kantor - kantor cabang yang tersebar kota –kota di
pulau Jawa, Bali dan Sulawesi, untuk endukung kesuksesan dalam berbisnis sejak
18 Januari 2000 PT. ALFA Retailindo telah mencatat dan memperdagangkan sahamya
di PT BursaEfek Jakarta.
1.
Satisfaction Guarantee ( jaminan
kepuasan pelanggan ) untuk retur barang , kebijak sanaan perusahaan untuk
menerima pengembalian /retur barang belanjaan pelangggan jika tidak sesuai
dengan harapan pelanggan. Dengan
ketentuan sebagai berikut :
Ø
Harus menunjukan struk/aktur penjualan
Alfa.
o Masa
klaim berlaku maksimal 9 hari setelah pembelanjaan di Alfa ( untuk produk fresh
food maksimal 3 haari )
o Jika
barang pengganti tidak tersedia , dapat diganti dengan barang lain sesuai
dengan prosedur retur barang.
o Berlaku
untuk pembeli
o
Barang yang dibeli tidak sesuai dengan
barang yang ditawarkan.
o
Barang yang dibeli tidak sesuai dengan
klarifikasi standart.
o
Barang yang dibeli tidak sesuai pada
harga yang tercantum pada railcard.
o
Barang yang dikembalikan haruslah dalam
kemasan utuh lengkap/tidak rusak.
2. Realibility
( dapat dipercaya ) kebijaksanaan perusahaan bahwa pelanggan membayar dengan
harga termurah jika terjadi harga selisih dikomputer dengan harga di rak atau
sarana display lainnya.selain mendapat harga termurah apabila menemukan
perbedaan tersebut diatas,maka pelanggan juga berhak atas nilai sebesar 2x selisih
perbedaan tersebut.
2.2. STRUKTUR ORGANISASI.
|
Ø
Kepala Toko
Tugas dan Tanggung Jawab.
1. Mengatur
barang – barang dagangan.
2. Mengadakan
kegiatan Marketing dan promosi.
3.
Melaksanakan, mengawasi dan mengarahkan
kegiatan operasional toko dengan mengkoordinasikan dengan semua bagian yang ada
dibawahnya.
4.
Mengembalikan barang – barang dagangan ,
konsinasi yang telah rusak ( BS ) atau barang – barang CN kepada Suplayer yang sudah ditanda tangani
oleh kepala gudang dan mendatangi fakturnya.
5.
Menanda tangani surat SPG / SPM.
Ø ME
dan Teknisi
Tugas
dan Tanggung Jawab
Memelihara
dan memperbaiki mesin – mesin Operasional toko ataupun alat elektronik yang ada
ditoko.
1.
Apabila ada kerusakan dengan alat – alat
tersebut dan harus diperbaiki oleh pihak luar maka harus da persetujuan dengan
kepala toko.
2.
Memeriksa kondisi suhhu alat – alat toko
dalam hal ini showeare , chiverpower dua jam dalam jangka waktu operasional
toko.
1. Personalia
dan Umum
Tugas dan Tanggung Jawabn
1.
Menyediakan dan mengstur tenaga kerja
yang dibutuhkan perusahaan.
2.
Mencatat kehadiran dan lembur karyawan.
3.
Menghitung upah dan gaji karyawan.
4.
Mengevaluasi kerja karyawan baik secara
langsung ataupun tidak langsung
berdasarkan laporan supervisor atau kepala divisi lain.
5.
Memberikan data personalia kepada kepala
toko tentang kondisi karyawan yang ada.
6.
Melakukan kegiatan umum baik bersikap
intern ataupun ekstern yang telah dikoordinasikan dengan kepala toko.
1.1.
Pengawas
Tugas
dan Tanggung Jawab.
1. Mengawasi kegiatan
yang ada dalam frenhme , bagian cash standar dan counter.
2. Membantu menyelesaikan complain
apabila ada dan terjadi.
1.2.Piket
Tugas
dan Tanggung Jawab
1.
Menjaga keamanan dan ketertiban kegiatan
Operasional toko.
2.
Menjaga aset toko.
3.
Memeriksa ( ceek body ) karyawan keluar
masuk toko.
1.3.Sopir
Tugas
dan Tanggung Jawab
1. merawat dan mengendarai kendaraan
operasional perusahan.
2. bertanggung jawab distribusi barang –
barang toko.
1.4.Kliner
Tugas
dan Tanggung Jawab
Menjaga
keseluruhan areal toko termasuk merapikan kardus kardus – kardus sisa pembelian
dari suplayer.
2.
Ka. Gudang
Tugas dan
Tanggung Jawab
1.
Memeriksa dan mengawasi serta
mengarahkan kegiatan receiving.
2.
Menanda tangani faktur – faktur pengiriman barang berdasarkan Purchasing
Order ( PO ) dari perusahaan.
2.1. Receiving
Tugas
dan Tanggung Jawab
1. Memeriksa
barang – barang dari suplayer berdasarkan quality dan quantity dengan faktur
penerimaan barang dan menanda tanganinya.
2. Mengembal;ikan
barang – barang dagangan , kondisi yang telah rusak ( BS ) atau barang – barang
CN kepada suplaier yang sudah ditanda
tangani oleh kepala gudang
.
2.2 Storeman
Tugas
dan Tanggung Jawab
Stroreman atau karyawan bagian gudang
yang tugasnya membongkar dan memuat serta menyusun barang tersebut dengan rapih
dan beruntun sesuai priode kedatangan barang dengan memperhatikan sistem FIFO
agar barang dalam kondisi baik dan layak dijual.
3. Supervisor
Tugas
dan Tanggung Jawab
1.
Melakukan kegiatan stok barang dagangan
sesuai dengan divisi masing – masing , divisi itu antara lain :
a. Divisi
Food atau yang berkaitan dengan produk makanan
b. Divisi
Non food atau yang tidak berkaitan dengan produk makanan
c. Divisi
Bucther atau yang berkaitan dengan daging dan ikan
d. Divisi
Hard Line atau yang berkaitan dengan alat rumah tanggga.
e. Divisi
Counter atau yang berkaitan dengan barang – barang elektronik dan elektrik
f. Divisi
Fresh and Vegetables atau yang berkaitan dengan buah – buahan dan sayuran.
Masing – masing supervisor tersebut
harus memberi laporan tentang produk yang mereka tangani kepada kepala toko
sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan kepala toko untuk mengorder kepada
suplaier:
2.
Mengkoordinasi kegiatan pemajangan
,pemeriksaan kondisi barang dagangan apakah masih layak dijual atau pun tidak.
3.
Mengkoordinasikan kegiatan kondisi
barang dagangan baik dari kebersihan, kenyamanan dan estetika pajangan.
4.
Mengatur dan membuat jadwal dan tugas karyawan dibawah koordinasinya.
5.
Menanda tangani laporan barang dagangan
yang diminta SPG/SPM dari perusahaan lain yang bertugas di Carrefour bintaro.
3.1. Ka. Bagian
Tugas dan Tanggung Jawab
1. Memeriksa
kondisi barang dagangan apakah layak jual atau pun tidak.
2. Memberikan
laporan kepada supervisor atas kondisi barang yangberupa data yang ada , baik
layak dijual: barang kosong ,pemenuhan atau internal barang untuk promosi
3. Melaksanakan
kegiatan ,kebersihan estetika dan kenyamanan
3.2.
Pramuniaga
Tugas
dan Tanggung Jawab.
1.
Mengisi barang – barang dagangan yang kosong.
2.
Barang baru ( produk baru)
3.
Menjaga kebersihan area kerja,
kebersihan dan kerapian barang serta estetika pajangan.
4.
EDP
Tugas dan Tanggung Jawab
1. Mengawasi
dan melakukan kegiatan Elektronik Data Processing yaitu memalsukan atau
mengimput data barang – barangbaru dan perubahan harga..
2. Memasukan
data jadwal promosi berkaitan dengan barang yang dijual.
3. Memasuk
data barang – barang yang yang di CN , barang yang dibuang ( PBR )
4. Merapikan
, mengidek ulang data yang dikomputer.
5. Merapikan
data yang ada kepada Ka Toko sesuai dengan yang diminta.
6.
Mengawasi Operasional , cash
regester yang digunakan oleh petugas
cashstandar.
Adm EPD
Tugas dan Tanggung Jawab
Mengimput sesuai
data faktur..
Keuangan
Tugas dan Tanggung Jawab
1.
Mencatat
seluruh penerimaan , pendapatan dan pengeluaran Operasional tiap hari.
2.
Mengawasi
kegiatan Ka. Cashstandar.
Ka. Chasstandar
Tugas dan Tanggung Jawab.
1.
Mengawasi
dan mengarahkan Petugas Chasstander , dalam hal modal kerja untuk mencocokan
dengan data cash Register yang digunakan
Petugas Cashstandar.
2.
Mengawasi
dan mengarahkan petugas Cashstander dalam melayani custamer.
3.
Mengatur
jadwal tugas Cashstander.
Cashstander
Tugas dan Tanggung Jawab
1.
Melakukan
kegiatan p[elayanan atau transaksi pembayaran baranng belanjaan milik custamer
yang belanja.
2.
Menjaga
ketertiban dan menjalankan tugas sebaik – baiknya.
BAB III
TINJAUAN
KHUSUSNYA
3.I. Waktu
Kegiatan
1.
Jadwal
Kegiatan
ü Jadwal Pagi
Dimulai
dari puku 07 .00 WIB s / d 13.00 WIB dengan istirahat 1 ( satu ) jam
ü Jadwal Siang
Dimulai dari
puku 12 .00 WIB s / d 18.00 WIB dengan istirahat 1 ( satu ) jam
2.
Bidang kegiatan
ü Packing
Saat konsumen
melakukan pembayaran atau transaksi kepada kasir ada yang bertugas sebagai
penempatan barang yang dibeli konsumen biasanya menggunakan kantong plastik.
ü Metode produk
Barang atau
produk home industri biasanya belum memiliki kode u dengan pelebelan harga
suatu barang dapat diketahui oleh konsumen.
ü Display
Brang yang ada
digudang perlu dipajang , selain dipajang barang atau produk perlu ditata
dengan baik sesuai kelompok dan jenisnya, agar karyawan yang ingin mengambil
stok stok barang yang ingin dipajang dapat menemukan barang yang dicari.
ü Banded
Barang yang
diberikan pada suplaier Pt. Untuk diberikan pada custamer yang membeli barang
yang sedang promo.
ü Internal
Menurunkan
barang dari area gudang ke floor untuk display
ü FIFO
Barang yang
pertama masuk barang itulah yang pertama dikeluarkan
ü LIFO
Barang yang
terakhir masuk , barang itulah yang pertama dikeluarkan
3.2. Pentingnya Pelanggan
Pelanggan
adalah seseorang raja yang harus dihormati dan dipenuhi segala kebutuhannya ,
setiap pelanggan harus mendapat pelayanan yang baik. Sebaik – baiknya pelayanan
adalah kebebasan untuk memilih mempertimbangkan bagi pelanggan sehingga mereka
merasa puas dan senang.
3.3. Tujuan Dari Pelayanan
Adapun ada beberapa hal pokok yang merupakan tujuan – tujuan
pelayanan yaitu, sebagai berikut :
1.
Untuk tetap mempertahankan atau
menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.
2.
Untuk menjaga agar pelanggan merasa
dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya.
3.
Untuk menimbulkan kepuasan atau
kepercayaan bagi pelanggan.
3.4. Hakekat Pelayanan
Pelayanan
pada hakekatnya adalah sebagai berikut :
1. Faktor
kunci keberhasilan suatu usaha.
2. Pelayanan
yang ditujukan kepada calon pembeli dan kepada pelanggan tetap.
3. Apa
yang kita peroleh hari ini akan menunjang pada masa depan yang sangat dibutuhkan oleh semua anggotaperusahaan.
Untuk tercapainya keberhasilan tersebut anggota perusahaan tanpa
terkecuali harus terlibat didalamnya. Pelayanan terbaik pada semua orang dengan
prilaku dan sikap yang baik.
3.5.
Etika Pelayanan
Setiap pelayanan harus melayani pelangan
dengan sebaik – baiknya agar pelanggan merasa nyaman untuk berkunjung
diperusahaan tersebut. Untuk memperhatikan pelayanan terbaik pada pelanggan ada
beberapa hal yang harus diketahui dan dilaksanakan adalah :
1. Memberikan
pelayanan yang seabik – baiknya.
2. Bebicara
sopan dan ramah tamah kepada pelanggan tetap.
3. Mengetahui
maksud dan tujuan pelangggan.
4. Memberikan
perhatian besar kepada para pelanggan agar pelanggan merasa senang.
3.6.
Pengertian Pelanggan
Pelanggan
dapat dirumuskan sebagai berikut: memberikan pelayanan sebaik – baiknya.
1.
Pembeli yang harus dihormati.
2.
Orang yang sangat penting dalam kegiatan
bisnis.
3. Orang
yang harus dilayani sebaik – baiknya.
4.1.
kesimpulan
Dengan telah selesainya karya tulis ini,
penulis mencoba mengambil kesimpulan secara singkat, yaitu :
1. Pada
hakekatnya pekerjaan dibidang food sudah berjalan dengan baik, tertib dan
teratur.
2. Penanganan
pelayanan yang baik sangat bergantung pada sistem pelayanan dan pada proses penanganan
yang baik pula.
3. Dalam
penanganan kegiatan penulis mendapat ilmu yang bermanfaat.
4.2. Saran – Saran
Dalam rangka kelancaran pelayanan perlu
pembenahan agar dalam pelaksanaannya dapat berlangsung lebih tertib dan lancar
.
1.
Meningkatnya pemberdayaan tenaga kerja
ataun karyawan yang ada.
2.
Meningkatkan dan lebih mengefektifkan pemberdayaan
sarana dan prasarana kantor.
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
Saya yang bertanda
tangan dibawah ini :
Nama : Ade Rusmana
Nis : 091010061
Kelas : XI AP
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat Tanggal Lahir :
Tangerang, 10 Agustus 1993
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jl. Masjid Jami Nurul Fajri Rt.002/03 No. 44
Pondok Jaya
Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan.
Pendidikan : a. Ijazah SDN Pondok Aren IV 2005 / 2006
b. Ijazah Mts. Al – Sa’adah 2008 / 2009
c . Ijazah SMK Bahagia sedang ditempuh.
Demikian Daftar Riwayat
Hidup ini saya buat , dengan sebenar – benarnya.
Tangerang , , , 2011
Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar